Terpopuler moa

Kamis, 17 November 2011

Cara Set Up iPhone, iPod Touch dan iPad Baru gan..


Cara Set Up iPhone, iPod Touch dan iPad Baru
Demam Apple akhirnya sampai pada Anda? Tidak heran jika demikian karena produk Apple memang telah diakui di seluruh dunia sebagai salah satu gadget terbaik yang pernah ada. ane salah satu penggemar beratnya.. hehe

Nah, setelah iPhone/iPod/iPad ada di tangan Anda, apa yang harus Anda lakukan? Setelah membuka kotaknya, Anda tidak bisa langsung menggunakannya tapi Anda harus melakukan sedikit setup. Ok, artikel ini akan membantu Anda melakukannya.

Jika Anda belum memiliki akun di iTunes, maka Anda harus membuka apple.com/itunes, download iTunes, atau jika perlu Anda mungkin harus rip beberapa CD. Jika telah selesai, ikuti langkah ini:

1. Ambil kabel sync (disertakan dalam kotak iOS device yang Anda punya) lalu hubungkan iOS device ke komputer. Jika iTunes tidak terbuka secara otomatis, maka Anda perlu klik pada iPhone/iPhone/iPad di sidebar sebelah kiri.

2. Saat muncul konfirmasi, pilih ‘Set Up as a New iPhone/iPod/iPad. Setelahnya, Anda akan dapat memilih apakah Anda ingin secara otomatis sinkronisasi musik, foto, aplikasi, ataukah  semuanya tersinkronisasi ke iOS device yang Anda pakai. Tekan tombol ‘Done’ untuk memulai sinkronisasi. Proses ini akan memerluakn waktu sebentar, tunggu sampai selesai.

3. Setelah proses sinkronisasi selesai, maka iDevice telah dapat digunakan. Jika Anda telah memiliki musik di iTunes ketika setup iDevice itu, maka Anda akan bisa melihatnya di aplikasi ‘iPod’ yang ada di iPhone atau iPad. Atau, bisa dilihat di aplikasi ‘Music’ jika Anda memakai iPod touch. Perlu dicatat bahwa musik Anda tidak akan ditemukan di aplikasi ‘iTunes’ yang ada di ponsel Anda karena fitur itu hanya berlaku jika Anda membeli musik baru.

Jika pada proses sebelumnya Anda memilih untuk sync semua aplikasi yang Anda telah Anda download, maka aplikasi itu akan muncul pada homescreen iDevice Anda. Nah, sekarang semuanya fitur telah bisa bekerja. Untuk menambah koleksi aplikasi atau games Anda dapat mencarinya di App Store dengan cara memilih icon App Store berwarna biru, atau membeli lagu di iTunes dari icon yang berwarna ungu.

Anda juga dapat sync lebih dari sekedar musik, foto dan aplikasi ke iDevice. Jika Anda koneksikan kembali ke iTunes dan klik pada sidebar, Anda akan melihat deretan kategori di atas panel utama (‘Summary’, ‘Info’, ‘Apps’, dll). Jika Anda klik ‘Info’, Anda dapat mensinkronisasi kontak, kalender dan akun email dari Outlook, Apple Mail, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa sync bookmark dari Internet Explorer atau Safari.

Dengan klik pada tab Apps, Music, Film, TV Shows, Podcast, Buku, dan Photo, Anda dapat memilih sync berdasar artis tertentu, playlist atau genre. Itu bisa dilakukan jika Anda tidak punya cukup storage untuk sinkronisasi semuanya.

Setiap kali Anda membuat perubahan pada Preference di iDevice, pastikan untuk tekan tombol ‘Apply’ di bagian bawah iTunes window sehingga sinkronisasi dengan setting baru bisa diterapkan.

Mudah, bukan? Selamat bersenang-senang dengan iDevice baru Anda :)